SURAT UNTUK TEMAN INDONESIAKU

21 10 2008

Namanya Mohammad A Bassam, istri (masih) satu, anak empat, dan sangat
mencintai ibunya. Saya kenal dia saat ibadah haji 2006, gaweannya sih
di Aramco Company, tapi kalo musim haji dia gawe ibadah jadi field
manager maktab (rumah/ tenda) 86 Mina, dimana saya sekeluarga kemping
ditenda mereka selama seminggu. Badannya gedeee banget, janggutan, pintar, waktu itu suka cari-cari saya melulu karenaaaaaaa…doyan discuss, katanya biar Englishnya lancar, juga bahasa Indonesia-nya yang amboeradul…kok? Ya, mbah-mbah buyutnya tuh asli Banten, dia turunan ke-5, dan saking sibuknya dia belum pernah
pernah sempat ke Indonesia, kasian ya..

Pendalaman agamanya hebat, sore ini dia mengirim email penghiburan
atas segala ujian hidup, sangat menusuk hati menampar kalbu dan bikin
saya terharu sekaligus malu, maluuu sekali karena saya masih jauh
dari apa yang dia bilang serta banyak salah melangkah…

…beliau menulisnya dalam bahasa inggris, dan setelah diterjemahkan kok kata-katanya banyak mirip bukunya dr.Akram Ridha ‘menjadi wanita paling bahagia ya? Tak apalah, tetap saya share, semoga teman-teman juga dapat mengambil manfaatnya yang insyaAllah semuanya positif…nih die….

Teman Indonesiaku, aku yakin kau adalah wanita shalihah,
Kau punya senyuman indah, menghembus cinta mengalir kasih sayang kepada sesama
Kau punya ucapan baik, membangun persahabatan sejati, menjauhkan rasa dengki
Kau selalu berderma, membahagiakan si miskin,menyenangkan si fakir dan mengenyangkan si lapar
Kau selalu bersanding dengan kitab, membaca, menghayati, mengamal, bertobat mohon ampunan
Kau bekerja keras mendidik anakmu dengan agama, mengajarkan sunnah rasul dan hal bermanfaat
Kau punya rasa malu maka berhijab, hanya itu satu cara untuk pelihara kesucian dan kehormatanmu
Kau hanya menggauli para wanita baik yang takut Allah, mencintai dan menjunjung tinggi nilai agama
Kau pasti berbakti kepada orang tua, menyambung silaturahmi, menghormati tetangga, menyantuni anak yatim
Kau selalu membaca dan menelaah buku-buku yang bermutu dan bermanfaat

Temanku Indonesiaku yang shalihah,
Janganlah pernah kau sia-sia usiamu dengan hal tak berguna, suka
membalas dendam, berdebat perkara yang tidak bermanfaat
Janganlah pernah kau dewakan harta, menimbun, mengorbankan kesehatan,
kebahagiaan, tidur nyenyak dan istirahatmu
Janganlah pernah kau cari-cari kesalahan orang lain, menggunjing,
melupakan kesalahan diri
Janganlah pernah kau tenggelam nikmat hawa nafsu dan menuruti semua
yang kau inginkan
Janganlah pernah kau abaikan kebersihan badan, kerapian rumah, wewangian dan disiplin
Janganlah pernah kau minum yang diharamkan, rokok, syisyah dan semua yang berpenyakit
Janganlah pernah kau selalu mengingat musibah yang berlalu, bencana yang lewat, kesalahan yang terjadi
Janganlah pernah kau hamburkan harta, hura-hura dan kemaksiatan

Temanku Indonesiaku yang shalihah,
Sesali dan bertobatlah atas dosa yang kau lakukan, Allah akan menyambutnya
Sayangilah orang yang lemah maka kau akan bahagia, bantu orang yang membutuhkan maka kau akan puas, jangan kau tebar kebencian agar kau selalu selamat
Optimislah,karena Allah bersamamu, malaikat mohonkan ampun untukmu,
surga menantimu Hapuslah airmatamu, berbaik sangkalah kepada Allah, usir segala duka dengan ingat semua nikmat yang telah dilimpahkanNYA kepadamu
Jangan pernah kau sangka bahwa di dunia ini ada orang yang bisa mendapatkan kebahagiaan sempurna, karena tak seorang pun bisa memperoleh semua yang diinginkannya

Teman Indonesiaku yang shalihah,
Jadilah seperti pohon kurma, tinggi cita-cita, kebal dari penyakit, bila dilempar batu dibalaslah dengan buahnya
Duka lara tak pernah dapat kembalikan sesuatu yang telah berlalu dan memperbaiki kesalahan. Lalu untuk apa kau sekarang bersedih?
Janganlah kau cemas dengan kedatangan ujian dan bencana, sambutlah kenyamanan, kedamaian dan kesehatan yang pasti datang atas izin Allah
Padamkan api kedengkian didadamu, maafkan semua yang pernah berbuat salah kepadamu
Mandilah, wudhu, wewangian, siwak dan kerapian, semua itu obat mujarab untuk mengatasi segala kerisauan dan kesempitan

Teman Indonesiaku yang shalihah,
Jadilah lebah, hanya hinggap di bunga yang semerbak harum, di ranting yang segar, engkau tak punya waktu untuk mengorek aib dan kesalahan orang lain
Siapa yang kau takuti? Jika Allah jadi musuhmu, kepada siapa kau akan berharap?
Api dengki menggerogoti tubuh, mudah cemburu adalah api yang membara.
Serahkan saja urusan makhluk itu kepada Penciptanya, orang yang mendengki kepada ajalnya, dan setiap orang yang memusuhimu pada kealpaannya
Bila kau tidak bersiap sejak hari ini, maka hari esok tidak akan menjadi milikmu
Jadikanlah dirimu lebih elok dari taman bunga dengan akhlak
Biasakanlah berbuat baik, niscaya engkau menjadi manusia yang paling bahagia
Kenikmatan yang haram akan membuahkan penyesalan, kesengsaraan dan azab yang sangat pedih

Teman Indonesiaku yang shalihah,
Yang telah terjadi biarlah berlalu, impian biarkan di awang-awang, manfaatkanlah waktumu sekarang ini dengan sebaik-baiknya
Allah telah menciptakan satu contoh bagi orang-orang yang beriman, yaitu perempuan, istri Fir’aun saat ia berdoa, `Wahai Tuhanku, bangunkanlah buatku sebuah rumah yang dekat dengan-Mu di surga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, serta selamatkanlah aku dari orang-orang yang berbuat kezaliman (QS At Tahrim 11)
Optimislah, meskipun engkau berada di tengah-tengah badai yang menerjang.
Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan
Kasih sayang Allah pasti datang, meski terasa jauh disana, ia akan tiba laksana kerdipan mata bila sudah saatnya
Kau seorang ibu, didiklah anak-anakmu dengan baik dan benar, mereka kelak akan menjadi pejuang, pembela dan penegak agama.
Mereka akan selalu berdoa untukmu dalam sujud dan ibadah malam mereka. Kau akan
berbangga bangga dan tersanjung kelak
Kau bisa menjadi penyeru jalan Allah bagi wanita lain sesamamu, dengan perkataan sopan, pelajaran baik, pernyataan tegas dan benar, pembantahan secara baik, dialog secara santun, akhlak mulia dan tingkah laku terpuji.
Esok hari pasti menerbitkan angin segar, mengusir semua kesedihan, dan menggantinya dengan keceriaan.

Teman Indonesiaku yang shalihah,
Bila kau putus asa karena belum mendapat jalan keluar, engkau kemanakan Allah dan kemahakuasannNya? Sabda Rasulullah : Apabila perempuan taat kepada Tuhannya, mendirikan kewajiban shalat lima waktu, menjaga kehormatannya, maka ia akan masuk surga Tuhannya.
Cukuplah Allah menjadi penolong kita dan Allah adalah sebaik-baik pelindung.
Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman (QS Ali Imran 139)
Setiap manusia bisa hidup, entah yang tinggal di istana ataupun yang tinggal di gubuk derita. Tapi siapakah yang paling bahagia?
Sepotong roti panggang itu sudah cukup untukmu, karena masih ada orang yang menutup pintu, hanya untuk menyembunyikannya. Dan sekian banyak orang hanya bisa membayangkannya
Maka bersyukurlah kepada Allah atas segala nikmatNya
Serahkan urusan orang zalim itu kepada mahkamah akhirat, sebuah mahkamah yang tidak ada hakimnya selain Allah

– teteh-

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: