BULE AUSTRALIA…DAN PUASA RAMADHAN

20 10 2008

Aneh juga kalo kroco macem saya ini harus mewakili RSVP-nya big bos ke gedung Centre For Strategic and International Studies, ghak phantess!. Tapi apaboleh, karena itu disposisi, ya duduk manislah di Seminar Expressing Islam : Religious Life and Politics in Indonesia. Mau tahu yang terjadi, kawan?

Saat pulang seminar, saya di “Selamat Siang Mba” oleh Pak Polisi di per4an Harmoni karena tragedy lampu merah maju terus pantang mundur (damai 30 rebu deh hi hi). Paginya pun, untuk nyampe ke gedung tua CSIS di Tanah Abang III itu kudu muter-muter bingung jalan dan baru nyampe 1 jam setelah acara berlangsung. Yang hadir sih para akademisi dan politisi senior dan ngetop lah, tapi gak ada gitu akademisi ulama atau MUI, heran. Narasumber lokalnya hanya Dr. Hadi Soesastro CSIS dan Dr. Anis Baswedan-Universitas Paramadina, sisanya??? 90% semua bule Australia, waaauww!!!

Dr. Greg Fealy dari Australian National University bicara panjang lebar tentang How Consuming Islam, yang slide-nya full gambar iklan2nya MQ nya Aa Gym, Wisata Hatinya KH Mansyur, SMS Quran-nya Uje, cover lagunya Opick. Mengupas sisi marketing mereka doank, ga lebih.

Women and Islamic Politics sangat ringan diulas, sekedar menyebut partai-partai Islam tertentu yang pro dan kontra. Mbak Robin Bush, Doktor dari The Asia Foundation membahas tentang Trends Local Shari’a Law Implemention. Yang ditampilkan hanya data-data statistik perbankan dan sekian Perda syariah, yang semuanya dengan mudah bisa kita dapat sendiri dari mesin google aja.

Ini yang lucu, Ian Wilson, Doktor ganteng dari Murdoch University kebagian membahas Islam dan Preman Groups, justru 99% membahas mendalam tentang FBR daripada katakanlah FPI, lengkap dengan foto-fotonya. Perasaan, FBR kan komunitas etnik, tidak mewakili komunitas Islam, gimana seeeeh!

Walaupun acara disclosing oleh Prof Azyumardi Azra-Director Post Graduate UIN Syarif Hidayatullah, dan diakhiri dengan maem Nasi Bali bareng, tetep aja beberapa temen2 saya yang mewakili akademisi UI sangaaaat gak puas, saya pribadi juga. Very childish proposal, bukan strategic studies, karena tidak memberi ruang secara penuh dari berbagai sudut pandang dan koridor Islam terutama yang berdasarkan Al Quran dan Al Sunnah. So, fully im not recommending you at all for reading those such paper (apalagi kalo harus beli, gak usah deh).

Well, itu hanyalah salah satu ekspresi ketidakpuasan dan kekecewaan dari sekian banyak anugrah dan kebahagiaan hidup seorang manusia, astagfirullah….bersyukur doooooonk…

Ya, ya bersyukur…alhamdulillah, Ramadhan sebentar lagi, bulan terindah penuh rahmat magfirah dan ampunan Allah. Malaikat Jibril senantias berdoa menjelang Ramadhan:

“Ya Allah, tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan mereka tidak bermaafan kepada kedua orang tuanya, tidak bermaafan seorang suami kepada istrinya dan istri kepada suaminya,tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.”

Maka Rasulullah pun mengatakan “Amiin, amiiin, amiiiiin” . Dapatkah kita bayangkan, yang berdo’a adalah Malaikat, dan yang meng”amiin”kan adalah Rasullullah serta para sahabat, pun dilakukan pada hari Jumaat !!!! Coooool…

Temans, tolong ikhlas maafkan segala kekeliruan dan kekhilafan saya ya, yang mungkin melahirkan segala sifat iri dengki dan sakit hati, sejak masa perkenalan kita Jurangmangu dulu, perkuliahan maupun dalam pekerjaan sampai sekarang ini. Semoga kita tidak meninggalkan satu haripun ibadah wajib puasa ramadhan ini, menjalaninya dengan khusyuk, sehingga diberkati dan dirahmati Allah, diampunkan segala dosa nista hina kita. Semoga kita dapat kembali lahir menjadi manusia-manusia yang saling menyayangi dan mengasihi, serta rindu untuk selalu berbuat kebaikan, amin Insyaallah. Maaf maaf maaaaaf…..

Selamat Berpuasa Ramadhan teman-teman !!!

– Teteh –

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: